Luar Biasa, Talenta Syahna Dwi Setyaningtyas Siswi MTsN 2 Kota Malang dalam Bidang Akademik dan Non Akademik

 

MTsN 2 Kota Malang – Patut untuk diacungi jempol talenta siswi MTsN 2 Kota Malang yang satu ini. Dia tidak lain  Syahna Dwi Setyaningtyas, siswi yang baru naik di kelas VIII ini, memiliki kelebihan baik dibidang akademik maupun  non akademik.

Dalam Ajang Prestasi Anak Negeri III ( APAN III ), yang diadakan oleh Yayasan Creative Star Education Center, dia mampu mempersebahkan 6 piagam penghargaan. Yayasan Creative Star Education menyelenggarakan seleksi ajang Olimpiade Matematika dan Fashion Show dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat nasional secara On Line.

Kejuaraan Olimpiade Matematika babak final tingkat kota/kabupaten berhasil meraih juara 1. Pada tingkat Provinsi meraih Juara Harapan II, dilanjutkan tingkat Nasional meraih juara Harapan II. Sedangkan dalam ajang lomba Fashion Show  dengan tema Casual, ananda Shahna ditingkat kota/kabupaten menyabet juara Harapan III. Dilanjutkan ditingkat Provinsi menyabet juara Harapan I. Sampai tingkat Nasional berhasil mendapat predikat The Best Ten. Seleksi lomba Fashion ini pun peserta hanya menyerahkan video fashion show nya saja, karena di era pandemi Covid – 19 dengan selalu menjaga social distancing.

“Alhamdulillah dan terimkasih saya sampaikan kepada ananda Shahna atas prestasi yang diraih dan membawa nama besar MTsN 2 Kota Malang di ajang tingkat Nasional.  Diharapkan ini bisa memacu peserta didik yang lain untuk tetap berprestasi meskipun di era pandemi ini.” ungkap H. Subhan, Kepala MTsN2 Kota Malang. (EDK)

Dua Siswi MTsN 2 Kota Malang Lolos Seleksi Indonesia di Ajang SMO ( Singaphore Mathematical Olimpiad )

 

MTsN 2 Kota Malang – Berdasar keputusan Direktur Turangga Institute Indonesia, Surya Turangga, S.Si., M.Pd. menetapkan 7 peserta kategori Junior yang mendapatkan medali emas ( Reward Gold ) pada ajang SMO ( Singaphore Mathematical Olimpiad ) seleksi Indonesia. Dua diantaranya adalah siswi MTsN 2 Kota Malang. Mereka adalah si-kembar Abdillah Lucy Shandy Mahardika dan Abdillah Wina Shandy Mahardika.

            Sebenarnya rencana keberangkatan ke Singapura sekitar bulan Mei – Juni kemarin. Karena adanya wabah pandemi  Covid – 19 semua rencana tertunda, dan belum ada keputusan yang jelas tentang keberangkatannya. Termasuk Sertifikat Final Round SMO tersebut belum tersampaikan pada peserta.

            “ Semoga wabah pandemi Covid – 19 ini cepat berlalu, sehingga siswi-siswi MTsN 2 Kota Malang dapat berangkat berjuang di ajang SMO , Singapura dan dapat membawa nama harum MTsN 2 Kota Malang di tingkat Internasional,” tutur H. Subhan, Kepala MTsN 2 Kota Malang.  MTsN 2 Kota Malang selalu berupaya untuk mewujudkan Visi Madrasah, yaitu menjadi madrasah berstandar nasional dan internasional yang berakhlakul karimah, inovatif, dan kompetitif. Salah satu Misi untuk mendukung Visi tersebut adalah dengan mewujudkan peserta didik yang mampu berkompetisi dalam bidang akademik dan non akademik pada tingkat nasional dan internasional. ( EDK )

MTsN 2 Kota Malang Bagi Sembako ke Warga Sekitar di masa Pandemi Covid-19

1.-Sambutan-Kepala-kantor-kementerian-agama-Dr.-H.-Muhtar-Hazawawi-M.Ag-Dalam-Acara-Bakti-Sosial-di-MTsN-2-Kota-Malang

Image 1 of 3

 

MTsN 2 Kota Malang, – Sebagai bentuk kepedulian terhadap dampak pandemi  Covid-19, MTsN 2 Kota Malang,  ikut andil membantu warga sekitar  madrasah dan warga MTsN 2 Kota Malang yang terdampak Covid – 19 berupa paket sembako.  Sembako yang terkumpul  sebanyak 70 paket, berasal dari kontribusi seluruh elemen madrasah, baik dari komite, guru, karyawan, hingga orang tua peserta didik. Sebanyak 45 paket dibagikan ke warga RT 01, 02, dan 03,  RW 01, Kelurahan Cemorokandang, dan sebanyak 35 paket dibagikan kepada peserta didik dan karyawan  MTsN 2 Kota Malang.

            Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Dr. H. Muhtar Hazawawi, M.Ag. didampingi Kepala MTsN 2 Kota Malang, Dr. H. Subhan, S.Pd., M.Si. secara simbolis memberikan bantuan kepada warga, yang diwakili oleh bapak Sukandar. Warga yang diundang hanya perwakilan sebanyak 10 orang, sedangkan yang lainnya dibagikan secara langsung dari pintu ke pintu. “ Ini adalah wujud sedikit kepedulian MTsN 2 Kota Malang untuk masyarakat, semoga bermanfaat. Warga sekitar madrasah juga terdampak Covid – 19, baik secara langsung maupun tidak, secara ekonomi maupun sosial,” tegas Subhan,  kepala MTsN 2 Kota Malang.

            Selain sembako, wali peserta didik juga menyumbang 800 masker, bilik desinfektan, thermo gun, serta alat semprot desinfektan untuk madrasah. Kegiatan ini menjadi awal kegiatan bakti sosial. Diharapkan kegiatan ini akan berlanjut secara rutin dan lebih meluas.  Kepala Kemenag Kota Malang, Muhtar Hazawawi mengatakan, “ Kegiatan ini sebagai bentuk budaya dipendidikan Islam. Lakukan terus sebagai gerakan amal sholeh, dan budaya empati maupun simpati kepada sesama”.

            Beliau juga berpesan bahwa, “ Di masa Pandemi ini jangan sampai terbentuk cluster baru Covid – 19 di madrasah. Maka dari itu beliau juga menyarankan agar pelaksanaan protokoler kesehatan harus benar – benar dimatangkan, bukan hanya sekedar budaya cuci tangan, tetapi harus didukung dengan infrastruktur yang bagus, mulai dari model, fungsi, dan etika harus dilakukan dengan baik,” tutupnya. (EDK)

 

MTsN 2 Kota Malang, Sabet Juara Olimpiade Matematika Tingkat Nasional Online pada Masa Pandemi Covid – 19

MTsN 2 Kota Malang – Adanya Pandemi Covid – 19 yang sampai sekarang masih belum adanya titik terang penyelesaian, sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan pembelajaran dan pembinaan – pembinaan Olimpiade di MTsN 2 Kota Malang. Walaupun demikian, upaya – upaya pembinaan secara On Line sedapat mungkin tetap dilakukan.

Lomba Olimpiade Matematika pada acara Festifal Anak Gemilang Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Star Gemilang  EO secara On Line, 2 siswi MTsN 2 Kota Malang berhasil menyabet juara 1 dan juara harapan 1. Siapa dia, tidak asing lagi si-kembar siswi MTsN 2 Kota Malang ini sering menggondol juara Olimpiade Matematika, Sains, dan Bahasa Inggris. Dalam ajang olimpiade matematika ini, yang pelaksanaannya pada tanggal 11 Mei 2020,  Abdillah Lucy Shandy Mahardika menyabet Juara 1dan Abdillah Wina Shandy Mahardika menyabet Juara Harapan  1.

“Prestasi ini adalah hasil kerja keras, latihan dari siswanya di masa Pandemi Covid – 19 dari rumah, dan dukungan penuh dari wali peserta didik. Didukung juga pembinaan dari guru pembina olimpiade, dan doa dari seluruh elemen madrasah. Semoga prestasi ini juga akan diraih oleh siswa – siswi lainnya, dengan meningkatkan efektifitas pembinaan olimpiade”, ungkap H. Subhan, selaku Kepala MTsN 2 Kota Malang, (EDK).

Lagi – Lagi Si-Kembar Menambah Sederetan Prestasi MTsN 2 Kota Malang

 

Kota Malang (MTsN 2)- Abdillah Lucy Sandi Mahardika dan Abdillah Wina Sandi Mahardika, si-kembar siswa MTsN 2 Kota Malang yang tidak diragukan lagi kemampuannya dalam bidang Matematika, Sains, dan Bahasa Inggris. Keduanya sering menyabet kejuaraan tingkat kota, Jawa Timur, Jawa-Bali, Nasional, dan bahkan pernah menyabet kejuaraan Internasional Bronze World Mathematics Invitational (WMI) Preliminary dan Merit Award Hongkong International Olympiad (HKIMO) Heat Round 2019.

Alhamdulillah, kali ini keduanya mendapatkan masing – masing 3 kejuaraan sekaligus  ajang Olimpiade Bahasa Inggris, Sains, dan Matematika dalam acara “The Winner Season 2” Tingkat Jawa Timur Seleksi Malang. Abdillah Lucy Sandi Mahardika mendapatkan Juara 1 Olimpiade Bahasa Inggris, Sains, dan Matematika. Sedangkan Abdillah Wina Sandi Mahardika mendapatkan Juara 3 Olimpiade Bahasa Inggris, Juara 2 Olimpiade Sains, dan Juara 2 Olimpiade Matematika. 

“Prestasi ini adalah hasil kerja keras, latihan dari siswanya, dan  pembinaan dari guru, pembina olimpiade, dan doa dari seluruh elemen madrasah. Tidak terlepas juga dukungan dari wali murid. Semoga prestasi ini juga akan diraih oleh siswa – siswa lainnya, dengan meningkatkan efektifitas pembinaan olimpiade”, ungkap H. Subhan, selaku Kepala MTsN 2 Kota Malang, Selasa (12/02) (ed)

Penerimaan Peserta Didik Baru MTs Negeri 2 Kota Malang Tahun Tahun Pelajaran 2020/2021


Daftar Sekarang, Klik Link Berikut : ppdb.mtsn2kotamalang.sch.id

PERSYARATAN UMUM :

  1. Beragama Islam
  2. Berusia maksimal 14 tahun per-Juli tahun ini
  3. Menyerahkan pas foto ukuran 3×4 berwarna 3 lembar
  4. Menyerahkan foto kopi Kartu NISN sebanyak 2 lembar
  5. Menyerahkan foto kopi akte kelahiran & Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar
  6. Mengisi formulir di web MTsN 2 Kota Malang
  7. Menunjukan Raport Kelas 5 dan 6 
  8. Mengikuti tes yang diselenggarakan madrasah
  9. Peserta didik baru yang dinyatakan diterima, wajib mengikuti tes psikologi untuk pemetaan kelas.

JALUR PENDAFTARAN

A. JALUR PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK

     1. JALUR PRESTASI AKADEMIK

  1. Terdaftar sebagai peserta didik kelas VI MI/SD pada Tahun Pelajaran 2019/2020 dan tidak pernah tinggal kelas.
  2. Menunjukkan raport kelas 5 dan 6 dan mempunyai nilai rata-rata 8,00 pada mata pelajaran UN
  3. Menyerahkan foto kopi Piagam Penghargaan Akademik dengan menunjukkan piagam asli saat pendaftaran (bagi yang memiliki).

     2. JALUR PRESTASI NON AKADEMIK ( MINAT DAN BAKAT )

  1. Terdaftar sebagai peserta didik kelas VI MI/SD pada Tahun Pelajaran 2019/2020
  2. Meraih Prestasi Olahraga atau Seni Minimal tingkat Kota/Kabupaten, dibuktikan dengan menunjukkan sertifikat/piagam asli dan foto kopi
  3. Mengikuti uji kemampuan sesuai dengan prestasi olah raga maupun seni yang telah diraih
  4.  

B. JALUR REGULER

  1. Terdaftar sebagai peserta didik kelas VI MI/SD pada Tahun Pelajaran 2019/2020
  2. Menunjukkan raport MI/SD kelas 5 dan 6.

MATERI SELEKSI

  1. Tes Pengetahuan Umum : Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA .
  2. Tes Pengetahuan Agama : Buka Baca Al-Qur’an dan Praktik Sholat.
  3. Interview ( didampingi oleh Orang tua )

TEMPAT PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran dilakukan langsung kesekretariat PPDB MTsN2 Kota Malang di Jl. Raya Cemorokandang No.77 Kota Malang, Telp. (0341)711 500 / 726 766
  2. Dapat juga melalui www.ppdb.mtsn2kotamalang.sch.id
  3. Informasi Pendaftaran (Contact Persons ) :
    Haris Perdana (082-139-568-305)
    Rubiyanti (082-231-746-436)
    Kamaludin (089-728-051-75)

PROGRAM UNGGULAN

  1. Program Tahfidzul Quran
  2. Program SKS atau Akselerasi
  3. Program Olimpiade
  4. Maris ( Madrasah Riset )
  5. Manis ( Madrasah Nihil Sampah )
  6. Gemari ( Gerakan Madrasah Mengaji Setiap Hari )
  7. Gerakan Jumat Bersih
  8. Parenting
  9. Gerakan Furudhul Ainiyah (Pembinaan Keagamaan) melalui :
    Sholat Dhuha, Sholat Dhuhur berjamaah, Membaca Sholawat, dll

PROGRAM KHUSUS

  1. Doa bersama untuk kelas 9 setiap hari Sabtu.
  2. Khitobah tiga bahasa (B. Indonesia,B. Arab, dan B. Inggris ) setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu setelah Sholat Dhuhur.
  3. Pembinaan baca Al Qur’an metode UMMI
  4. Wisata Religi dan edukasi bagi kelas 9
  5. Program Kelas Unggulan

PENGHARGAAN BAGI SISWA YANG BERPRESTASI

  1. Bagi Yang Hafal Al Qur’an
    a. 5 Juz bebas syariah selama 6 bulan
    b. 10 Juz bebas syariah selama 1 tahun
    c. 20 Juz bebas syariah selama 2 tahun
    d. 30 Juz bebas syariah selama 3 tahun
  2. Bagi yang berprestasi ( Akademik/Non Akademik )
    a. Tingkat Nasional Juara 1-2 bebas Syahriah selama 3 bulan dan jariyah 100%
    b. Tingkat Provinsi Juara 1-3 bebas Syahriah selama 3 bulan dan jariyah 50%
    c. Tingkat Kota/ Kab Juara 1 bebas Syahriah selama 3 bulan

    EKSTRAKURIKULER


    1. Tari
    2. Mading/Majalah
    3. Pidato 3 Bahasa
    4. Pramuka
    5. Paskibra
    6. PMR
    7. Kaligrafi
    8. Drum Band
    9. Tapak Suci
    10. Tennis Meja
    11. Al Banjari
    12. Nasyid
    13. Futsal
    14. Qiro’ah
    15. KIR
    16. Catur
    17. Bola Volly
    18. Bulutangkis
    19. Basket
    20. Olimpiade (Matematika, IPA, dan IPS )

Kenakan Busana Putih, Peserta Didik MTsN 2 Kota Malang Peringati Tahun Baru Islam

Kota Malang (MTsN 2) – Senin (02/09), dengan mengenakan busana serba putih, upacara bendera di MTsN 2 Kota Malang kali ini terasa lebih bernuansa Islami. Tentunya, Muharram menjadi salah moment istimewa bagi umat Islam yang patut diperingati, tahun barunya umat Islam. Memasuki awal Muharram, dapat dikatakan sebagai peristiwa hijrah untuk kembali putih. Menjadikan pembelajaran bagi diri sendiri untuk meninggalkan sesuatu yang merugikan dan beralih pada sesuatu yang lebih baik.

H. Subhan selaku pembina upacara juga menyampaikan beberapa hal yang berkenaan dengan Muharram. Pertama, di moment tahun baru islam ini, hendaknya lebih memperbanyak niat baik. Misalnya ketika berada di Madrasah, niatkan untuk menjalin tali silaturrahmi, mencari barokah ilmu, dan lebih mendalami ilmu agama. Kedua, lebih memperbanyak sedekah di bulan Muharram, terutama kepada anak yatim piatu. Mengingat  kisah pertumpahan darah di masa silam yang mengakibatkan banyak anak menjadi yatim piatu. Ketiga, menjalankan amalan sunnah seperti puasa sunnah  ‘Asyura dan Tasu’a di tanggal 9 dan 10 Muharram.

Usai pelaksaan upacara, warga MTsN 2 Kota Malang segera menuju masjid untuk melaksanakan sholat dhuha dan dilanjut dengan istighosah.  Seluruh peserta didik pun mengikuti dengan penuh takzim, semata mengharap ridho Allah SWT. Berharap semoga  dapat membawa kebaikan dan keberkahan bagi Warga MTsN 2 Kota Malang. (ha)

Editor : Admin

Sumber : https://jatim.kemenag.go.id/berita/515801/kenakan-busana-putih-peserta-didik-mtsn-2-kota-malang-peringati-tahun-baru-islam